MENU

Rangkaian UN 2016

Tinggal sekitar satu (1) bulan kelas XII akan mengikuti ujian nasional yang digelar di seluruh nusantara. Meskipun UN kali ini sudah tidak lagi menentukan kelulusan namun nilai hasil UN tetap dipakai sebagai kriteria hendak melanjutkan kemana siswa tersebut.

            Rangkaian kegiatan sebetulnya sudah dimulai sejak semester gasal, yaitu dengan diadakannya TO-TO, baik dari sekolah, Dinas, Pemda maupun propinsi. Semua itu dilakukan dengan harapan para siswa dapat lebih mengenal dan memahami bentuk-bentuk soal yang diprediksi akan keluar pada UN.

            Sekitar satu (1) bulan dari hari H, tepatnya tanggal 7  sampai 15 Maret 2016 berlangsung USEK (ujian sekolah). Selama pelaksanaan, berlangsung tertib dan lancar meskipun terdapat beberapa siswa yang selesai mengerjakan soal sebelum waktu mengerjakan habis/ selesai.  Meskipun begitu, siswa tetap tidak diperkenankan untuk keluar dari ruangan.

            USEK selesai dilanjutkan dengan pendalaman materi khusus mata pelajaran yang diUN-kan. Pendalaman materi diakhiri 3 hari sebelum hari H. Hal tersebut dipergunakan untuk hari tenang,  apel pagi di hari Jumat guna mohon doa restu dan permohonan maaf dari siswa kelas XII kepada bapak/ ibu guru dan karyawan serta adik-adik kelasnya yaitu kelas X dan XI. Dalam apel tersebut berlangsung hikmad dan ada rasa yang berbeda ketika terlihat beberapa siswa kelas XII ada yang menitikkan air mata, dan doa bersama yang dihadiri Kepala Dinas, Drs.H. Masharun, MM. dan wali murid.

            Klimak kegiatan adalah tanggal 4-6 April 2016 dimana para siswa mengikuti prosesi ujian nasional. Anti klimak terjadi setelah UN selesai dan kegiatan tidak begitu efektif. Kegiatan yang dilakukan siswa bermacam-macam, ada yang tetap belajar untuk persiapan masuk PT yang melalui jalur umum atau PT yang menawarkan adanya ikatan dinas, ada yang bekerja paruh waktu. Hal tersebut dilakukan untuk menunggu ending pada tanggal 7 Mei 2016 di mana masing-masing menjadi tokoh utama pada alur ceritanya.

           

 

“tim webb & tiabindo 2 maret’16”

KOMENTAR