MENU

WISATA KAMPUS 2016 - UGM dan UII

WISATA KAMPUS’16 (UGM dan UII)

            Jumat, 15 Januari 2016, SMA Negeri 2 Banguntapan yang terdiri dari 203 siswa kelas XII IPA-IPS dan didampingi 17 guru dan  karyawan melakukan kunjungan ke Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Islam Indonesia UII. Kunjungan ini bertujuan memperkenalkan kepada siswa tentang kampus yang diidolakan untuk lebih dekat memperoleh informasi yang berkaitan dengan aktivitas civitas akademika dan melihat secara langsung sarana perkuliahan.

Waktu menunjukkan pukul 08.07’wib sampai di kampus UGM sebagai kunjungan yang pertama dan diterima oleh protokoler di Auditorium FTP UGM. Acara selanjutnya, tepat pukul 0830’ wib acara dimulai yang dipandu oleh mahasiswa FTP. Sebagai sambutan tuan rumah oleh Bapak Rizal sedangkan dari SMA Negeri 2 Banguntapan oleh Waka Kurikulum, Bapak Kuswanto, S.Pd. Kemudian dilanjutkan dengan serah terima cedera mata dari kedua belah pihak.

            Pada sambutan tuan rumah, Bapak Rizal menginformasikan beberapa hal seputar kampus.UGM berdiri tanggal 19 Desember 1949, berlokasi di Bulak Sumur dengan mahasiswa berjumlah sekitar 50 000; Program Studi (prodi) terdiri dari 68 prodi dan 6 profesi; fakultas terdiri dari FK bertaraf internasional, FKG, FT, dan lain-lain; mahasiswa lulus termuda tahun 2015 berusia 14 tahun; beasiswa, ada 135 jenis sumber beasiswa untuk mahasiswa D…S1, S2, dan S3; asrama kampus UGM; edukopolis; layanan sepeda kampus untuk mahasiswa; pelak-sanaan wisuda setahun 4 kali; mobil listrik karya mahasiswa; wanagama; lomba-lomba berskala internasinal seperti Altech juari I di Malaysia, student competition di AS; mahasiswa-mahasiswa asing, dll

Selain hal di atas, juga diinformasikan bagaimana cara memilih prodi? Dalam memilih prodi hendaknya kenali dan pilihlah prodi yang sesuai dengan talenta; persiapkan diri memasuki prodi dengan mempelajari profil prospek prodi; pertimbangkan kemampuan diri dalam berkom-petensi; sadarilah ketatnya persaingan di prodi yang dipilih sangat ketat/ ketat/ sedang; komuni-kasikan pilihan prodi dengan orang tua yang tepat; apapun yang terjadi pada masa depan; Anda yakinkan ikhtiar, doa, dan tawakal kepada Allah; dan selektivitas prodi fakultas, prodi, peluang-nya; serta penerimaan mahasiswa melalui SNMPTN, SBMPTN, ujian mandiri. Pada hari itu juga, selama kurang lebih 30’, kunjungan dilanjutkan ke Universitas Islam Indonesia (UII) yang berlokasi di jalan Kaliurang . Sebelum acara dimulai, rombongan melaksanakan sholat Jumat dan makan siang di masjid Ulil Albab kampus UII. Selanjutnya, rombongan disambut oleh Bapak Aris Purwoko,S.E., MBA. di Auditorium Kazar Muzakkir yang sekaligus mewakili sebagai tuan rumah. Dari SMA Negeri 2 Banguntapan diwakili oleh Waka Humas, Bapak Slamet Isnaeni. Kemudian dilanjutkan dengan serah terima cedera mata dari kedua belah pihak.

Tim penyambutan UII dalam memaparkan profil kampus dan aktivitas mahasiswa menggunakan audio visual/ video. Pada tayangan ditampilkan awal mula berdirinya UII. UII didirikan 8 Juli 1945/ 27 Rajab. Pendiri adalah M. Hatta, M. Natsir, Mas Mansur, Wahid Hasyim dll. Akreditasi A dengan 8 fakultas; prodi Pembinaan Keagamaan di UII melalui  ONDI (Orientasi Nilai Dasar Islam), LKID dll; pengembangan karakter mahasiswa dilakukan dengan pendampingan; kerja sama dengan berbagai PT luar negeri: UKM,UM dll; pola seleksi dengan Computer Based Test kecuali kedokteran.    

Pihak kampus juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang terbagi menjadi:

  1.    Beasiswa Unggulan Pondok Pesantren dengan beasiswa penuh dan tidak penuh.
  2.    Beasiswa Hafidz Al-Quran terdiri dari 30 juz, 15 juz.
  3.    Beasiswa Unggulan UII  (prestasi tapi tidak mampu).
  4.    Bidik misi.                                                                                                                                     

Pada bagian akhir, ditayangkan bahwa pendaftaran dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:

 1. Telp. (0274) 898444 αt 1234 dan1200

 2. Email:  pmb@uii.ac.id

 3. Faks: 0274.898459

 4. Website: pmb.uii.ac.id

 

 

(Tim & tiabindo)

KOMENTAR