MENU

SEKOLAHKU QURBAN

Pelaksanaan hari raya qurban yang berbeda tidak menjadi permasalahan yang prinsip bagi kalangan umat muslim di Bantul, khususnya di keluarga besar SMA 2 Banguntapan. Hal ini, sungguh menjadi anugrah yang luar biasa bagi umat muslim di mana saja. Dengan perbedaan ini justru akan memperluas ukuwah islamiyah karena 1 (satu) hari raya ditambah 3 (tiga) hari tasyrik ditambah lagi hari raya yang berbeda menjadi 5 (lima) hari kita dapat syiar islam di hari, di mana Nabi Ibrahim AS mendapat perintah dari Allah SWT beberapa abad silam untuk menyembelih putranya Ismail. Di hari yang sama pula, saudara-saudara kita di Tanah Suci Makkah bersyiar, berbagi dengan sesama muslim dari segala penjuru, memerangi hawa nafsu sendiri, berjuang mengharap ridho Allah. Insya Allah, apa yang terjadi tahun ini di Makkah dan  Mina tidak akan terulang kembali di tahun-tahun berikutnya. Oleh karena itu mari kita ambil hikmah di balik perbedaan ini dan jangan justru saling mengolok, melecehkan atau memojokkan seolah-olah aku yang terbaik dari kamu. Semua ada dasar hukumnya.

 

SMA 2 Banguntapan pun tidak ketinggalan untuk syiar ini. Hari Sabtu, 26 September 2015 melaksanakan penyembelihan binatang qurban. Penyembelihan dilaksanakan mulai jam 06. 30 wib sampai selesai. Adapun binatang qurban berupa 1 (satu) ekor sapi hasil tabungan siswa dan 1 (satu) ekor kambing dari Ibu Sri Wigati. Daging qurban sebagian dibagikan kepada penjaga sekolah, penjaga kebun, penjaga parkir, pekerja proyek penambahan ruang kelas baru (RKB), outsourcing  dan masyarakat sekitar. Sebagian lagi dibagikan kepada siswa untuk dimasak serta dijadikan ajang lomba kuliner. Tidak ketinggalan pula bapak/ ibu guru dan karyawan berkuliner ria. Tetapi daging yang dimasak tidak 100% dari binatang qurban melainkan berburu daging di pasar dari PG bapak/ ibu guru karyawan.

Perhelatan di hari raya idhul adha siap. Warga sekolah siap dengan masakan untuk dinikmati dan untuk siswa ada yang dilombakan. Tidak ketinggalan kami juga mengundang bapak-bapak polisi dari polsek Banguntapan untuk menikmati kuliner ala SMA 2 Banguntapan.  Bagaimana pun sibuknya, ternya-ta ibu guru dan karyawan terlebih Bu Parjinah dan Bu Sumiyati, Bu Ari dengan acarnya, juga ibu guru yang lain, kami mengapresiasi “Kalian betul-betul Kartini modern, di kelas ok….di kantor  ok….di dapur ok….di…….pun Ok!” Tidak benar jika predikat ‘PROFESIONAL’ dihilangkan. Sekali lagi, mari kita ambil hikmah Qurban ini. Meskipun pelaksanaannya beda tapi syiarnya harus sama.

TULISAN TERKAIT

Pengumuman Kelulusan Kelas XII

Senin, 13 Mei 2019

UNBK Tingkat SMA 2019

Senin, 01 April 2019

Gladi Bersih UNBK SMA 2019

Senin, 11 Maret 2019

USBN dan Ulangan Blok 2019

Senin, 04 Maret 2019

Tahun Baru 2019

Selasa, 01 Januari 2019

KOMENTAR