MENU

SUKSES ADIWIYATA MANDIRI 2015

Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan keasadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghin-darkan dampak lingkungan yang negatif sehingga tercipta taman pendidikan yang bisa mendidik generasi emas Indonesia .
Dalam implementasinya, Kementrian Negara Lingkungan Hidup bekerja sama dengan para stakeholders, menggulirkan Program Adiwayata ini dengan harapan dapat mengajak warga sekolah dapat melaksanakan proses belajar mengajar materi lingkungan hidup dan turut berpartisipasi melestarikan dan menjaga lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya.
Suatu keberuntungan besar bagi SMA Negeri 2 Banguntapan hijrah ke wilayah Bantul, tepatnya di Glondong Wirokerten Banguntapan Bantul. Di mana di lokasi yang baru ini lokasi sangat memungkinkan untuk mengembangkan sayap. Hal yang sangat mendukung adalah lingkungan sekitar. Lingkungan pedesaan yang masih banyak sawah, pohon-pohon besar dan aliran-aliran sungai untuk pengairan menjadi nilai plus bagi SMA Negeri 2 Banguntapan berkait dengan program Kementrian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan keasadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. 


Sejak menempati sekolah yang baru, sejak itu pula sekolah mulai mencanangkan gerakan lingkungan hidup yang ditandai dengan penanaman pohon yang sampai sekarang sudah berumur kurang lebih 18 tahun. Program sekolah sehat, adiwiyata tingkat kabupaten, adiwiyata tingkat propinsi dan adiwiyata tingkat nasional dilalui dengan mulus. Demikian juga dengan SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI 2015 yang berhasil meraih kesuksesan besar dengan mengantongi tropi Adiwiyata Mandiri dan piagam penghargaan. Penyerahan diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo kepada masing-masing sekolah pada tanggal 5 Juni 2015 di Istana Bogor. 


SMA Negeri 2 Banguntapan merupakan satu (1) dari 95 sekolah Adiwiyata mandiri yang mendapat penghargaan dari Kementrian Negara Lingkungan hidup dan menjadi satu-satunya pula sekolah yang ada di DI. Yogyakarta yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri pada tahun 2015 ini. Perolehan penghargaan ini diperoleh melalui tahapan yang panjang. Kerja sama yang tidak hanya dilakukan di lingkungan sekolah tetapi juga dengan lingkungan masyarakat sekitar sekolah yang meliputi beberapa sekolah yang menjadi mitra harus dijalaninya dengan melewati berbagai kendala. Namun hal itu dapat dilampoi dengan ending yang dapat memuaskan berbagai pihak. Yah…” Sengsara membawa nikmat”. Itulah peribahasa yang pas untuk SMA Negeri 2 Banguntapan dengan hasil yang gemilang ini. Semoga bisa berjalan menuju adiwiyata tingkat asia. SUKSES BATARO!!!!!!!!!!!!!!!


Penulis berita : Murtiyanti, S.Pd

 

TULISAN TERKAIT

HAORNAS SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN

Selasa, 17 September 2019

PEMILOS SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN

Selasa, 17 September 2019

OUTINGCLASS-SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN

Jum'at, 30 Agustus 2019

ROADSHOW KEMERDEKAAN DINAS KEBUDAYAAN

Selasa, 27 Agustus 2019

SMA 2 BANGUNTAPAN, LOMBA UPACARA

Rabu, 07 Agustus 2019

SMA 2 BANGUNTAPAN, PPDB 2019

Senin, 05 Agustus 2019

KOMENTAR