MENU

Upacara Bendera Peringatan Hardiknas sebagai Inspektur Upacara Ka. Dikmenof Kabupanten Bantul

Kepala Dinas Dikmenof Kab. Bantul Masharun mengatakan 
“Begitu memasuki pintu gerbang sekolah ini saya merasa nyaman”

 

Itulah satu kalimat pembuka yang disampaikan oleh Kepala Dinas Dikmenof Kab. Bantul, Masharun Gozali, MM saat memberikan amanatnya pada upacara peringatan hari Pendidikan Nasional di SMA Negeri 2 Banguntapan, Senin, 4 Mei 2015. “Begitu memasuki pintu gerbang sekolah ini, saya merasa nyaman, merasa tentram dan damai karena memasuki Sekolah Adiwiyata Mandiri”. Dalam kesempatan itu Kepala Dinas sebelum membacakan amanat Menteri Pendidikan, Anis Baswedan yang mengambil tema ‘Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila’ yang kata kuncinya adalah “Gerakan”, yaitu pendidikan harus dipandang sebagai ikhtiar kolektif seluruh bangsa. Karena itu, pendidikan tidak bisa dipandang sebagai sebuah program semata. Kita harus mengajak semua elemen masyarakat yang terlibat. Kepala Dinas juga memberikan apresiasi terhadap Mitra Tama (pengurus tonti) yang menjadi petugas dalam upacara hari Pendidikan Nasional. Beliau mengatakan bahwa peserta upacara khususnya petugas upacara merupakan generasi cerdas yang berkarakter.
Upacara diikuti oleh warga SMA Negeri 2 Banguntapan kecuali siswa kelas XII. Hal itu disebabkan siswa kelas XII sejak selesai mengikuti ujian nasional, kegiatan belajar mengajar sudah tidak efektif lagi tetapi siswa tetap dianjurkan masuk sekolah untuk berjaga-jaga apabila ada informasi yang memang harus diketahui oleh siswa. Hal itu tidak mengurangi semangat warga sekolah untuk mengikuti jalannya upacara. Apalagi bapak Kepala Sekolah, Ngadiya, S.Pd. menginformasikan bahwa pembina upacara pada peringatan hari Pendidikan Nasional adalah Kepala Dinas Dikmenof.


Upacara berlangsung dengan hikmad. Kehikmadan sangat terasa ketika petugas pengibar bendera dengan diiringi lagu Indonesia Raya melaksanakan tugasnya dengan patriotis. Demikian pula, pada saat hening cipta untuk mendoakan para pahlawan terutama pahlawan yang berjuang di dunia pendidikan seperti yang disampaikan Kepala Dinas Dikmenof Masharun Gozali, MM. 
Setelah upacara selesai, acara dilanjutaka dengan penyerahan piala-piala kejuaraan yang diraih oleh siswa-siswi SMA Negeri 2 Banguntapan kepada Kepala Dinas Dikmenof Kab. Bantul Masharun Gozali, MM. yang kemudian diserahkan kepada Kepala Sekolah, Ngadiya, S.pd. Ada tujuh (7) kejuaraan yang diraih para siswa, yang digolongkan menjadi dua yaitu lomba O2SN yang merupakan perlombaan bidang olah raga dan FLSSN yang merupakan perlombaan di bidang seni dan sastra. Kejuaraan-kejuaraan yang diraih antara lain O2SN yang diraih Gani Buyung Kurniawan dengan meraih beberapa piala meliputi Renang 100m gaya bebas putra juara II, Renang 100m gaya kupu-kupu putra juara II, Renang 50m gaya kupu-kupu putra juara II dan Renang 50m gaya bebas putra juara III. Keempatnya diperoleh di tingkat kabupaten Bantul dan satu lagi kejuaraan yang di raih dalam POPDA propinsi DIY juara III dalam lomba Renang 50m gaya kupu-kupu. Juara III Karate Komite 42 Kg Putri oleh Riska Sulistyaningsing DAN Marda Eka Putri, juara II lomba catur putri oleh Iis Wandiah, juara I lomba nyanyi solo putra dan juara III lomba nyanyi solo putri.
Jadilah juara-juara di bidang akademik dan non-akademik, FASTABIQUL KHAIROT karena di pundakmulah, INDONESIA akan berkembang dan maju! Selamat memperingati hari Pendidikan Nasional. Pelajar adalah generasi penerus bangsa.

Penulis Berita : Murtiyanti, S.Pd

KOMENTAR